(16/05) Kantor Imigrasi Siak telah mengikuti kegiatan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas yang dilakukan secara hybrid.
Desk evaluasi dilakukan oleh Tim Evaluator 7, Inspektorat Jenderal Kemenimipas, yang dipimpin oleh Ibu Junita Aristiati selaku Auditor Madya Wilayah III.
Desk evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui proses pemenuhan data dukung dan implementasinya di Kantor Imigrasi Siak.
Adapun 3 inovasi unggulan Kantor Imigrasi Siak adalah Layanan Mobil Antar Jemput Sekolah Gratis, Paperless Webcam Scanner, dan Layanan Pengiriman Paspor Bersama PT. Pos dengan metode pembayaran melalui virtual account.
(28/05) Telah dilakukan kegiatan Sosialisasi Penanganan Benturan Kepentingan Dalam Penyelenggaraan Layanan Publik Bersama Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Riau.
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pencegahan terjadinya benturan kepentingan dalam layanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Siak.
Adapun yang bertindak selaku narasumber adalah Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Riau, Bambang Pratama, S.H., M.H.
Ombudsman mengajak instansi pelayanan publik, khususnya Imigrasi Siak untuk dapat memberikan layanan yang inklusif untuk kebermanfaatan lebih besar kepada kelompok ekonomi menengah kebawah.
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Siak mengadakan sosialisasi Persiapan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZIWBK/ WBBM). Sosialisasi tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Siak melalui media daring Zoom Conference ( 22/04/2025)
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Siak, Doly Samuel Mulatua Tambunan memaparakan terkait Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBK/WBBM). Ia menggarisbawahi bahwa Pembangunan Zona Integritas merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam melaksanakan program reformasi birokrasi sesuai Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010, di mana reformasi birokrasi tersebut menargetkan tercapainya tiga sasaran hasil utama yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas dari KKN, serta peningkatan pelayanan publik. Sehingga untuk mendukung percepatan tercapainya sasaran hasil tersebut, diharapkan seluruh unit kerja dapat melakukan pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM.
bahwa dalam proses untuk mencapai predikat ZI-WBK/WBBM akan ada penilaian dan penetapan zona integritas melalui beberapa tahap sistematis, mulai dari proses usulan sampai dengan proses Reviu TPN oleh Kemenpan, Ombudsman hingga KPK.Untuk itu, selain diperlukan komitmen seluruh pegawai baik ASN maupun PPNPN agar selalu konsisten dalam pembangunan ZI WBK/WBBM, juga perlu kiranya dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan telah sesuai dengan rencana
Di akhir acara sosialisasi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Siak menginstruksikan kepada jajarannya agar bekerja sama dan bersinergi serta mempersiapkan untuk bersiap diri menyongsong penilaian unit kerja berpredikat WBK/WBBM tahun 2025 dalam Rangka Pelaksanaan Program Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju WBK/WBBM.
Penguatan Kinerja Wujudkan WBK/WBBM di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Siak.
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai dan PPNPN di lingkungan Kantor Imigrasi Siak. Penguatan secara langsung disampaikan oleh Kepala Kantor Imigrasi Siak, Doly Samuel Mulatua Tambunan. Kegiatan penguatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan partisipasi aktif para pegawai dan PPNPN dalam mewujudkan WBK di Kantor Imigrasi Siak.
Kepala Kantor menyampaikan bahwa dalam mewujudkan WBK diperlukan integritas yang tinggi dari para pegawai dan PPNPN yang dapat diwujudkan melalui “terus bekerja dengan baik, meskipun tidak ada yang melihat.”